Skip to content

6 Trik Singkat Untuk Lewati Jebakan “UU ITE”

9 Januari 2010

Sobat blogger masih ingat kasus yang dialami neng Luna Maya ? Artis cantik itu dilaporkan wartawan infotainment yang dinaungi PWI Jaya ke polisi, Kamis (17/12/2009) karena dianggap telah melakukan pencemaran nama baik di internet. Luna Maya menjadi ‘korban’ tergress bahayanya ‘ranjau-ranjau’ yang terdapat di Undang-undang Informasi dan transaksi Elektronik (UU ITE).

Terus gimana caranya agar supaya terhindar dari UU ITE, berikut 6 trik singkat untuk melewati jebakan “UU ITE” yang di rangkum oleh Konsultan HKI, Ari Juliano Gema. berikut rangkumannya :

1. Pengguna internet jangan sekadar mencari perhatian dengan membuat tulisan yang berlebihan.

2. Saat menulis, pengguna internet harus fokus pada masalah, tidak melebar ke mana-mana.

3. Tulisan yang dibuat pengguna internet harus didukung dengan fakta dan data.

4. Dalam menulis, jangan sekadar mengkritisi, tapi juga berikan solusi atas permasalahan yang dikritisi.

5. Pengguna internet harus mau terbuka pada saran dan masukan.

6. Jangan ragu untuk minta maaf. Bila kita salah tulis sehingga menimbulkan opini publik yang berdampak merugikan seseorang, jangan ragu untuk mengakui kesalahan dan minta maaf.

Nah semoga artikel singkat ini bermanfaat buat kita semua, khususnya para pengguna internet

Sesuai dengan artikel aslinya di Rizky2009

Baca jugapeluang usaha Ahasu Gnaulep

10 Komentar leave one →
  1. 10 Januari 2010 2:35 AM

    aq juga g setu tuh dengan adanya UU ITE sama dengan mematikan kreatifitas, kalau peraturannya jelas gpp, ayo para blogger dan para netter mari kita tolak UU ITE

  2. 10 Januari 2010 1:54 PM

    wah, serem juga..
    yang pasti harus hati2..

  3. 10 Januari 2010 3:51 PM

    Nggak apa-apa kita menulis yang penting harus sesuai dengan aturan dan koridor hukum dan permasalahan itu sendiri.

  4. 11 Januari 2010 5:09 PM

    uu ite itu ada baik dan buruknya, tinggal bagaimana kita blogger bersikap dan menanggapi hal itu. uu itu pasti segera akan direalisasikan dan kita blogger tidak bisa menolak itu. tips diatas bisa membantu kita. makasih infonya🙂

  5. 12 Januari 2010 3:17 PM

    Halo ,,, salam kenal ..
    Saya ngajak tukeran link nih …
    boleh nggak …
    Link sudah saya pasang …
    Mohon pasangkan link saya ya ..
    Thanks ..🙂

  6. 15 Januari 2010 11:43 AM

    hi,,

    good blog :thumbup:

  7. 17 Agustus 2011 3:17 PM

    Ok bos, mulai saat ini bakal seperti saran diatas kalo gua post…

  8. 31 Agustus 2012 1:54 PM

    Emang UU yang dibuat Pemerintah RI sifatnya menjebak ya ? Astaga….

  9. 21 September 2012 5:13 PM

    info bermanfaat, thanks!

  10. 31 Januari 2013 9:15 AM

    sangat bermanfaat sekali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: