Skip to content

Papua Bergejolak, Menkopolhukam Himbau Tenang

19 Desember 2009
tags:

Setelah tewasnya pemimpin Komandan Organisasi Papua Merdeka (OPM), Kelly Kwalik, Papua kembali begejolak yang kali ini terjadi di perbatasan Indonesia-Papua New Guinea, tepatnya di daerah Moso. Kejadian tersebut terjadi sekira pukul 13.00 WIT, Sabtu (19/12/2009), yang mengakibatkan salah seorang warga dikabarkan tewas.

Seorang warga yang diketahui tewas akibat peristiwa penembakan tersebut bernama Mukhsin Abadi (37), warga Kompleks Perumahan Pemda, Kota Raja, Jayapura.

Mukhsin yang tertembak sekira pukul 12.45 WIT siang tadi, mengalami luka tembak di bagian perut dan tembus di bagian pinggang sebelah kanan. Selain itu, Mukhsin juga mengalami luka tembak di bagian leher.

Hingga kini, belum diketahui siapa pelaku penembakan berikut motifnya. Pasalnya, aparat keamanan baik polisi dan TNI belum memberikan keterangan resmi terkait peristiwa ini.

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto mengimbau masyarakat Papua agar tetap tenang dan tidak terpancing isu kerusuhan selepas tewasnya panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM) Kelly Kwalik.

“Kita semua mengimbau agar tidak ada kerusuhan lanjutan,” ujar Djoko sebelum mengikuti acara PBNU di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu, (19/12/2009).

Menurutnya, hingga kini situasi di Papua terbilang aman di bawah pengawasan aparat kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia. “Kita kelola (situasi) dengan baik secara persuasif,” katanya.

Djoko menambahkan, tidak ada penambahan pasukan keamanan di Papua, “dan tidak ada penetapan daerah militer,” tegas dia.

Soal aksi demo yang kemungkinan akan berlanjut, dia meminta aksi tersebut digelar damai. “Itu boleh saja, selama tidak menjurus ke kriminal dan tidak merusak,” ujarnya.

Kelly Kwalik sendiri tewas tertembak oleh satuan tugas pengamanan Amole, Rabu dini hari, sekira pukul 03.00 WIT. Kelly digerebek saat berada di sebuah rumah di kawasan Gorong-Gorong, Tembaga Pura, Mimika, Papua.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: