Skip to content

Rekayasa Pemanasan Global, Diselidiki PBB

8 Desember 2009

Pemanasan global merupakan masalah yang sangat serius. Pada hari kamis, tanggal 19 November 2009, diumumkan bahwa seorang hacker telah berhasil mendapatkan 160 megabytes data dan kumpulan email dari server Climate Research unit (CRU) di University of East Anglia (UAE) di Inggris. Email-email itu berisi percakapan yang terjadi antara para peneliti utama di tempat itu sejak tahun 1997 hingga sekarang, dan sepertinya, email itu menunjukkan adanya manipulasi pada data pemanasan global.

Sebelumnya ada seorang hacker bernama Gary McKinnon yang membobol jaringan komputer milik NASA, Departemen Pertahanan dan Militer Amerika hanya untuk mencari informasi rahasia mengenai ufo, berita tentang Gary McKinnon dapat dibaca disini. Kali ini Hacker yang menyebut dirinya “FOIA” terjun langsung ke dalam perdebatan pemanasan global dengan cara membobol jaringan komputer organisasi peneliti pemanasan global terkemuka di dunia, Email-email dari CRU yang dibobol tersebut dimuat di internet.

Bocornya email-email anggota Climatic Research Unit (CRU) di University of East Angalia yang menyebutkan pemanasan global adalah rekayasa, mendapat perhatian serius dari PBB. Ketua Panel Antarpemerintah PBB tentang Perubahan Iklim (IPCC) Dr Rajendra Pachauri mengatakan, bahwa masalah ini adalah serius, dan yang terlibat akan diselidiki.

“Kami akan melihat secara keseluruhan, kemudian akan mengambil keputusan. Ini adalah masalah serius dan IPCC akan menyelidikinya secara lengkap,” ungkapnya, seperti dilansir Reuters, Selasa (8/12/2009).

Di salah satu email yang bocor tersebut terungkap, kalau Profesor Jones tampak menyarankan untuk merekayasa data suhu tahunan untuk menyembunyikan penurunan yang terjadi.

“IPCC akan kehilangan kredibilitas, jika Profesor Jones masih terlibat di dalamnya,” cetus Eduardo Zorita, ahli perubahaan iklim asal Eropa.

Sementara itu nasib Profesor Jones akan ditentukan pekan depan setelah kebenaran pemanasan global selesai diselidiki oleh IPCC.

2 Komentar leave one →
  1. koropedang permalink
    8 Desember 2009 4:57 AM

    benr terjadi ato di rekayasa tuch

  2. 12 Desember 2009 3:58 AM

    It’s nice info and give inspiration !
    visit me and link exchange please

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: