Skip to content

Akun Penjahat Seks di Facebook dan My Space

6 Desember 2009

Akun penjahat kelamin atau penjahat seks banyak menjamur di situs jejaring sosial seperti facebook, friendster, myspace dan lainnya. Hal itu merupakan sesuatu yang sudah pasti karena situs jejaring sosial diutamakan untuk bersosialisasi dengan siapa saja dan dari mana saja.

Akun penjahat seks tersebut ditemukan dan ditutup oleh my space sebayak 1.975 akun, yang dimiliki oleh 1.976 pelaku kejahatan seks online. Facebook sendiri menemukan sekira 3,410 akun yang terhubung dengan 2,782 layanan kejahatan seksual. Jumlah yang ada memang cukup banyak karena satu pelaku kejahatan seks biasanya memiliki dua akun dalam masing-masing situs jejaring sosial ternama itu.

Penutupan ribuan akun tersebut dilakukan langsung oleh Facebook dan MySpace atas desakan dari berlakunya kebijakan yang dibuat oleh pemerintah New York, Amerika Serikat  untuk memerangi kejahatan online. Kebijakan tersebut mengharuskan pelaku kejahatan seks online untuk menyebutkan kepada publik mengenai alamat-alamat situs yang dimiliki agar bisa dihindari oleh pengguna internet.

Jaksa penuntut umum di pengadilan New York, Andrew Cuomo, juga mendesak agar seluruh jejaring sosial, tidak hanya Facebook dan MySpace, melakukan hal yang sama. Proses identifikasi akun penjahat cyber dilakukan dengan menggunakan program Electronic Security and Targeting of Online Predators Act (e-STOP).

“Facebook dan MySpace telah sukses menggunakan e-STOP untuk membuat jaringan internet dan layanan mereka lebih aman. Kini giliran situs jejaring sosial lainnya untuk melakukan hal yang sama,” ujar Cuomo, seperti dikutip melalui AFP, Kamis (3/12/2009).

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: