Skip to content

Sexting Bagi Dunia Barat

4 Desember 2009
tags:

Sexting, pernah dengar kata tersebut??? Agak asing memang (bagi saya), Namun kata tersebut sudah terdengar sangat familiar ditelinga anak muda di dunia barat. Perilaku Sexting dilakukan dengan berbagi foto, video dan chatting seksual melalui ponsel atau online.

Lebih dari seperempat orang muda telah terlibat dalam sexting dalam beberapa bentuk, menurut jajak pendapat Associated Press-MTV.

“Ada faktor khusus yang dirasakan oleh anak-anak muda,” kata Kathleen Bogle, profesor sosiologi di La Salle University di Philadelphia dan penulis buku Hooking Up: Sex, Dating dan Relationship on Campus.

“Itu bagian dari alasan mengapa tingkat kecelakaan mobil tinggi dan hal-hal seperti itu, jika mereka berpikir tidak akan pernah terjadi,” kata Bogle.

Penelitian menunjukkan otak remaja belum cukup matang untuk membuat keputusan yang baik secara konsisten. Pada pertengahan remaja, otak pusat bagian yang terlibat dalam gairah emosional, telah berkembang dengan baik, sehingga remaja lebih rentan terhadap tekanan teman sebaya.

Tetapi korteks frontal otak tidak berkembang sampai 20-an, di mana berfungsi menghubungkan penalaran dengan emosi, mempermudah orang untuk menimbang konsekuensi.

Orang muda juga memiliki pandangan yang jauh berbeda menyangkut foto seksual yang mungkin dapat diposting online, kata Bogle. Mereka tidak berpikir foto-foto itu mungkin akan dinilai oleh pemberi kerja atau saat masuk perguruan tinggi.

“Kadang-kadang mereka menganggapnya sebagai lelucon, mereka tertawa tentang hal itu,” kata Bogle.

“Dalam beberapa kasus, hal itu dilihat sebagai godaan. Mereka menganggap sepele, dan tidak memikirkan akibatnya. Mereka juga tidak memikirkan skenario terburuk yang mungkin orang tua akan khawatir,”

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: