Skip to content

Uji Coba Pertama Mesin Kiamat LHC di CERN

3 Desember 2009

Mesin Large Hadron Collider (LHC) yang ditakuti sebagian ilmuwan akan mengakibatkan kiamat, telah diujicobakan pada hari senin kemarin (31/11/2009). Percobaan tersebut merupakan percobaan pertama setelah mengalami kecelakaan (hanya) karena sisa-sisa makanan dari burung.

Percobaan LHC di CERN dekat Jenewa mencetak rekor dunia dalam mempercepat partikel dengan energi tertinggi yang pernah dicapai dalam sebuah collider.

Para ilmuwan di CERN, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir mengatakan pencapaian itu menandai suatu tonggak utama perjalanan untuk menuju percobaan pada tahun depan. Percobaan itu diharapkan akan membuka rahasia tentang asal-usul alam semesta.

Energi sinar kembar itu beredar di dalam terowongan sepanjang 27 km di bawah tanah dengan kekuatan listrik 1.18 trillion (TEV). Angka ini jauh melewati pencapain tertinggi sebelumnya, di bawah 1 TEV yang dilakukan oleh collider di US Fermi National Accelerator Laboratory.

Prestasi Large Hadron Collider (LHC) itu muncul 10 hari setelah eksperimen ilmiah terbesar di dunia itu dinyalakan ulang setelah kecelakaan pada September 2008.

“Ini fantastis,” kata Direktur Jenderal CERN Rolf Heuer.

LHC merupakan kompleks magnet, elektronik dan komputer besar berbiaya sekitar US$ 10 miliar di bawah tanah di perbatasan Prancis-Swiss. Fasilitas ini juga disebut mesin kiamat oleh ilmuwan yang skeptis.

Tujuan fasilitas itu untuk menghancurkan partikel bersama dengan kekuatan 7 TEV dan menciptakan kondisi satu miliar detik setelah ledakan 13,7 miliar tahun yang lalu yang membentuk alam semesta dan segala isinya.

Data yang dikumpulkan ketika terjadi tabrakan tersebut akan dicatat dan dianalisis oleh jaringan 10.000 peneliti di CERN tidak hanya di Prancis, tetapi juga di sekitar 30 negara di seluruh dunia.

Para ilmuwan berharap untuk mempelajari apa yang disebut anti-materi, dan apa yang disebut “Higgs Boson”.

Namun, meskipun balok-balok pertama yang disuntikkan ke dalam LHC lancar, pemimpin proyek tetap berhati-hati.

“Kami terus mengambil langkah demi langkah, dan ada banyak yang harus dilakukan sebelum kita mulai percobaan pada tahun 2010. Aku menyimpan sampanye di atas es sampai saat itu,” kata Heuer

Selama beberapa minggu berikutnya, para ilmuwan akan pindah ke tahap komisioning yang ditujukan untuk perlahan-lahan meningkatkan intensitas sinar dan menghasilkan kualitas data tabrakan yang lebih baik.

Sobat juga dapat membaca artikel sebelumnya tentang LHC disini

2 Komentar leave one →
  1. 13 Juli 2010 5:07 AM

    kayaknya terlalu berlebihan klo di bilang mesin kiamat

  2. CAROL permalink
    10 Mei 2012 9:54 AM

    ini artike yang buat bego… trus asal translate aja keknya…gak ada referensinya lagi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: