Skip to content

Penampakan Tuyul Gegerkan Kota Bogor

2 Desember 2009
tags:

Sesuatu yang berhubungan dengan misteri pasti akan menarik minat bagi orang-orang. Kali ini sesuatu yang berhubungan dengan misteri menggegerkan kota Bogor beberapa hari lalu melalui video rekaman di sebuah handphone.

Rekaman video tersebut tentang penampakkan sesosok mahluk yang diduga tuyul. Rekaman yang menghebohkan itu dengan cepat menyebar melalui telepon seluler. Rekaman video tersebut dibuat oleh seorang remaja sekolah menengah pertama (SMP) di dekat rumahnya, di daerah Ds. Sukamantri, Kec. Tamansari, Kab. Bogor, sekitar 6 bulan lalu, diberitakan bahwa remajatersebut langsung jatuh sakit selama tiga bulan. Menurut orang pintar, sakitnya siswa SMP itu terjadi akibat pengaruh tuyul yang terekam temannya melalui HP.

Tuyul (bahasa Jawa: thuyul) dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan, bersifat sosial (dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin), serta bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri (uang). Untuk menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.

Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.).

Kembali ke berita penampakan di Bogor.

Hingga kini adanya penampakkan sesosok mahluk, seperti tuyul itu masih ramai menjadi perbincangan di kalangan warga. Apalagi, salah satu remaja yang terekam dalam video itu langsung jatuh sakit selama 3 bulan. “Kejadiannya sudah lama, sekitar enam bulan lalu,” cerita salah satu warga yang keberatan menyebutkan namanya.

Diceritakannya, ketika itu 3 orang anak SMP sedang bermain-main gitar di depan teras rumahnya, salah satu temannya kemudian merekam kedua rekannya sedang bermain gitar sambil bernyanyi.

Tiba-tiba, dalam rekaman tersebut muncul sesosok mahluk menyerupai tuyul. “Setelah melakukan rekaman tersebut, salah satu remaja bernama Didi, langsung jatuh sakit selama tiga bulan,” kenangnya.

Menurut orang pintar yang menyebuhkan Didi, konon sakitnya siswa SMP itu akibat kemunculan tuyul dalam rekaman yang dibuat temannya melalui handphone. “Sejak itu keluarga Didi menolak menceritakan kembali soal kejadian itu, karena takut sakit anaknya kembali kambuh,” ujar warga.

Namun, Menurut saya pribadi, sosok mahluk yang terekam di video tersebut bukanlah tuyul (meskipun saya tidak pernah melihat tuyul) kenapa? mudah saja, mahluk halus tidak berwujud (namanya aja “halus”) sedangkan dalam video rekaman tersebut menunjukan adanya bayangan dari mahluk tersebut.

Tuyul dipercaya kebanyakan orang berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.). Mahluk pada rekaman video tersebut terlalu besar untuk di sebut sebagai tuyul.

Bagi yang ingin melihat video tersebut dapat di download disini

Dikutip dari berbagai sumber

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: