Skip to content

Cari Suaka, Inggris Serahkan Gary McKinnon

29 November 2009
tags: ,

Gary McKinnon adalah seorang hacker yang berhasil menerobos beberap jaringan keamanan militer Amerika Serikat (AS), aksinya tersebut berlangsung cukup lama.

Gary yang berada di Inggris berharap mendapatkan suaka di negara tersebut melalui lobi yang dilakukan oleh pihak keluarga dan pengacara sang hacker. Pihak keluarga menganggap inggris merupakan negara yang aman bagi Gary.

Ibu sang hacker yang bernama Janis Sharp, seperti dikutip The Guardian, Jumat (27/111/2009) mengatakan Pemerintah Amerika lebih suka menghukum orang-orang lemah yang melakukan hal yang jelas-jelas tidak menimbulkan bahaya apapun. Padahal, masih ada pelaku kejahatan yang lebih berbahaya, seperti teroris. Pihak keluarga McKinnon pun berupaya keras untuk tidak menyerahkan Gary ke pihak Amerika, karena Gary mengancam akan bunuh diri. Gary dikabarkan memiliki sindrom Asperger (salah satu gejala autisme, sulit berkomunikasi dengan lingkungan)

Meskipun keluarga dan pengacara McKinnon menganggap Inggris merupakan negara yang aman untuk Gary dengan melobi pemerintah Inggris untuk mendapatkan suaka, Namun lobi yang dilakukan oleh pemerintah Amerika lah yang membuahkan hasil melalui Sekretaris Negara Alan Johnson yang mengatakan menyetujui proses ekstradisi tersebut.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: