Skip to content

Lakukan Pengeroyokan, Oknum TNI dan POLRI Terancam Sanksi

28 November 2009

Tiga oknum TNI dan satu oknum Polri melakukan tindakan brutal dengan menganiaya seorang narapidana yang bernama Buctar Tabuni, ia merupakan tahanan titipan dari Rumah Tahanan Militer. Atas aksi keempat oknum pengeroyok tersebut, keluarga korban melakukan aksi demo dengan mendatangi Lapas Abepura.

Sedangkan para narapidana yang berada dalam penjara pun terpancing emosinya karena melihat teman mereka dianiaya. Mereka pun melakukan pengrusakan di ruangan administrasi Lapas, di antaranya ruangan Kepala Seksi Pembinaan, ruang penjagaan, dan ruangan Seksi Bimbingan Napi dan Anak didik. Kaca-kaca di ruangan itu hancur berantakan, lima buah komputer rusak serta lima printer pun dirusak

Buctar Tabuni yang juga merupakan aktivis Papua Merdeka mengatakan “Saat itu wajah saya penuh dengan darah karena luka sobek di bagian bibir dan memar di kepala,”

Terkait kasus pengeroyokan tersebut, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Abepura Anthonius M Ayorbaba memastikan, akan menindak tegas para pelaku yang terlibat. “Masalah ini akan diusut tuntas siapa-siapa yang terlibat, dan (akan ditindak) sesuai dengan prosedur hukum dan aturan yang berlaku,” ujar Anthonius seperti yang dikutip okezone di kantornya, Sabtu (28/11/2009).

Lapas akan bekerja sama dengan Komnas HAM Papua, Kapolsek, Oditur Polisi Militer (OPMIL) untuk menyelesaikan masalah ini.

“Ketiga anggota TNI ini dititipkan karena masa tahanan lebih dari 3 bulan, dan anggota Polisi (yang meganiaya) jika terkena tindak pidana maka akan ditahan bersama tahanan sipil lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, empat orang yang diduga melakukan pengroyokan ini tiga anggota TNI dikembalikan ke Rumah Tahanan Militer, sedangkan seorang polisi diamankan di rumahnya.

Kata Ayorbaba akan menahan kembali polisi tersebut jika situasi telah aman. Akibat dari penganiayaan dan pengrusakan itu, lima pegawai keamanan Lapas Abepura terancam dipecat.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: