Skip to content

Jepang Luncurkan Satelit Mata-mata

28 November 2009

Demi meningkatkan kemampuan intelijen agar kian kuat dan mandiri Jepang kembali meluncurkan satelit mata-matanya ke orbit bumi, Sabtu (28/11).

Satelit yang bernilai US$565 tersebut diluncurkan menggunakan roket H-2A yang lepas landas dari sebuah fasilitas luar angkasa di pulau Tanegashima, sebelah selatan Jepang. Satelit tersebut bertujuan untuk mengumpulkan data-data intelijen untuk kepentingan pertahanan dan diplomatik Jepang.

“Kami berharap dapat meningkatkan kemampuan intelijen dengan usaha kami sendiri demi keamanan nasional Jepang,” kata salah seorang pejabat di kantor kabinet Jepang, Hisashi Michigami. Michigami menjelaskan, peluncuran tersebut berjalan lancar.

Sebelumnya, Jepang menggantungkan diri pada teknologi Amerika Serikat dalam kepentingan intelijennya. Namun, Jepang meluncurkan satelit mata-matanya sendiri yang pertama di tahun 2003 ketika negara tersebut mengkhawatirkan program rudal Korea Utara.

Kini, Jepang telah memiliki lima satelit mata-mata yang telah mengorbit bumi. Satu di antaranya mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa berfungsi sejak tahun 2007 akibat permasalahan kelistrikannya. Seperti satelit-satelit yang diluncurkan sebelumnya, satelit yang baru diluncurkan akan mengorbit bumi selama lima tahun ke depan.

One Comment leave one →
  1. wahyudi hasan permalink
    25 Januari 2010 2:01 PM

    buat orang jepang teruskan kembangkan teknologimu, jangan kalah dengan AS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: