Skip to content

Jelang 1 Desember, Polda Berlakukan Siaga Satu

28 November 2009

Demi mewujudkan rasa aman kepada warga kota Jayapura menjelang peringatan  1 Desember yang setiap tahun diperingati sebagai hari kemerdekaan Papua Barat, Polda Papua melakukan aksi sweeping dan razia di lokasi-lokasi yang rawan terhadap gangguan keamanan, tidak hanya itu, Polda Papua juga menetapkan status siaga satu.

Sabtu (28/11) malam, tim gabungan dari Brigade Mobil dan Kepolisian Resor Kota Jayapura menggelar razia di Jalan Raya Expo Waena, Kota Jayapura.

Sejumlah senjata tajam, minuman keras dan kendaraan yang tak memiliki dokumen surat lengkap disita polisi. Menurut Kepala Polsekta Abepura, Ajun Komisaris Polisi Yafet Kafiar, sweeping dilakukan untuk mensiasati peringatan 1 Desember, sehingga tidak terjadinya aksi mengganggu keamanan di Kota Jayapura.

Sementara itu, Aparat TNI Yonif 751 Papua menemukan sebuah senjata jenis revolver rakitan di sekitar areal PT Freeport Timika. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Papua, Komisaris Besar polisi Agus Riyanto, Senin (23/22), senjata itu diduga milik tiga orang yang akan diperiksa polisi. Namun, ketiganya berhasil kabur dan berpencar memasuki hutan di sekitar perusahaan penambangan tersebut.

Hingga kini, ketiga pemilik senjata itu belum ditemukan. Lebih dari 1000 aparat gabungan TNI dan Polri dikerahkan ke areal PT Freeport. Polisi juga menemukan sebuah tas tradisional khas warga Papua di mil 38. Tas tersebut berisi tembakau dan pistol rakitan.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: