Skip to content

Grup Bunuh Diri diBentuk di Facebook

28 November 2009
tags:

Facebook digemparkan dengan adanya grup yang anggotanya akan melakukan bunuh diri massal pada tanggal 21 bulan depan, hal tersebut tentu saja membuat para orang tua merasa sangat cemas dan ketakutan. Sebanyak 208 orang berkomitmen bunuh diri pada 21 Desember dipicu nilai sekolah dan tekanan orangtua.

Penelusuran jejak pembuat grup Facebook berbahasa China oleh polisi bermula setelah seorang anggota kelompok itu yang berusia 15 tahun berusaha menjatuhkan diri dari atap sebuah sekolah Hongkong dua minggu yang lalu, karena dikeluarkan dari kelompok itu. Kelompok tersebut mengajak anggotanya untuk melakukan bunuh diri massal pada 21 Desember 2009 ini.

Hampir 190 orang anggotanya berkomitmen untuk melakukan bunuh diri massal. Bahkan sekarang grup kedua muncul di Facebook, dan mengajak 98 anggotanya perbuataan nekat tersebut.

“Apa artinya hidup? Orang yang Anda cintai jatuh cinta kepada orang lain. Orang dewasa selalu saja benar. Kami selalu salah. Mengapa tidak kita meninggal saja bersama?,” tulis grup itu, yang dikutip CNN, Sabtu (28/11/2009).

Biro Kriminal Hongkong sampai saat ini masih belum bisa menemukan identitas pendiri Facebook ini, mereka sempat menggagalkan aksi bunuh diri salah satu siswa di negara tersebut yang berusaha meloncat dari atap gedung sekolah.

Anggota dari grup tersebut berbagi tips tentang cara terbaik untuk membunuh diri mereka sendiri dan mengajak satu dengan yang lain untuk bergabung, dalam sebuah bunuh diri massal pada 21 Desember.

Beberapa laporan di koran berbahasa China mengatakan kelompok itu dibubarkan, namun yang lain mengatakan bahwa anggota inti bunuh diri itu tetap aktif.

Kepala sekolah dari 35 sekolah telah diberitahu mengenai kelompok Facebook itu dan menyarankan bagaimana memantau siswa jika ada tanda-tanda mereka mungkin terlibat, kata polisi.

Tingkat bunuh diri pemuda di kota kaya dengan tujuh juta jiwa itu terhitung tinggi. Para pakar mengatakan tekanan untuk mencapai nilai bagus di sekolah dan terpisah secara emosional dari orang tua menjadi penyebab.

Tingkat bunuh diri secara keseluruhan di Hong Kong telah turun tajam dalam beberapa tahun terakhir, berkat inisiatif seperti pedirian hambatan bunuh diri di gedung-gedung tinggi dan menempatkan label pada arang yang dijual.

Pembakaran arang di ruang tertutup untuk menghasilkan karbon monoksida adalah metode bunuh diri yang umum dilakukan di Hong Kong.

6 Komentar leave one →
  1. Rini permalink
    28 November 2009 1:51 PM

    Wah..bahaya tuh?

  2. yusupman permalink
    28 November 2009 4:09 PM

    Selamat malam..
    bunuh diri pake punya group segala ya..menyeramkan sekali…

    • 29 November 2009 12:40 PM

      hehehehe….tanya pendirinya aja…salam kenal n thx dah berkunjung

  3. 2 Desember 2009 7:06 AM

    wah, bahaya nih… @kacahati

  4. 16 Desember 2009 5:10 AM

    Gak mau gabung ah..
    nanti terjrumus lagi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: