Skip to content

Situs Web Siaga Tsunami

27 November 2009

Institut Oceanografi Wood Hole telah mengembangkan Sebuah situs web pendidikan untuk membantu orang-orang agar siap menghadapi serangan tsunami

Dijuluki dengan petunjuk interaktif yang dapat menyelamatkan hidup anda, situs tersebut juga menampilkan hasil riset sains terakhir yang berhubungan dengan tsunami, serta video dari para korban yang selamat, lengkap dengan wawancara.

“Tsunami tidak bisa dicegah atau diperkirakan,” kata Lin Jian, pengagas situs.

Ia juga seorang ahli geologi Woods Hole yang secara aktif terlibat dalam penelitian tsunami, serta anggota komite nasional AS untuk peringatan tsunami dan kesiagaan.

“Orang yang mengetahui tentang tanda-tanda peringatan tsunami dapat menyelamatkan hidup mereka sendiri dan kehidupan orang lain.”

Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang berarti “ombak pelabuhan,” istilah itu digunakan saat terjadi gempa di bawah permukaan laut, longsor atau pun ledakan gunung berapi yang dapat menciptakan gerak secara tiba-tiba pada air laut sebelum akhirnya menciptakan serangkaian ombak yang sangat besar.

Di laut terbuka, ombak semacam itu dapat mencapai kecepatan 500 mil per jam atau setara dengan pesawat jet.

Tsunami dapat menelan daerah pesisir dengan cepat, dan mengakibatkan kerusakan serta kematian yang luas seperti halnya yang terjadi di Samudera India pada tahun 2004 yang menelan korban hingga 240 ribu nyawa.

Website tersebut berisi petunjuk dan cara untuk mempersiapkan diri dari tsunami, serta bagaimana orang harus merespon saat ombak ini mendekat dan apa yang harus dilakukan setelah itu.

Situs tersebut dapat diakses di http://www.whoi.edu/home/interactive/tsunami

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: