Skip to content

Blog, Mata Pencaharian Baru

27 November 2009
tags:

Blog kini tidak hanya sebagai media personal, namun blog sudah menjadi tren tersendiri bagi peselancar dunia maya. Blog juga dijadikan sebagai mata pancaharian bagi sebagian blogger dengan menempatkan iklan ataupun melalui tulisan/ artikel.

Country Editorial Yahoo Indonesia, Budi Putra, disela kegiatan peluncuran komunitas blogger Bekasi, di Bekasi, mengatakan, blog yang manfaat awalnya untuk berbagi pengalaman dan bertukar informasi selanjutnya dilirik oleh pemasang iklan untuk mengenalkan produk mereka serta perusahaan media online melalui hasil karya tulisan-tulisan yang bernilai informasi tinggi.

“Pertumbuhan jejaring blog secara pesat menjadikan seorang blogger yang sudah dapat nama dilirik pemasang iklan. Mereka menyadari perlunya lebih mengenalkan “brand name” produk mereka ditengah komunitas yang terdidik (well educated),” ujarnya.

“Bayarannya dalam dollar dan nilai riil yang diperoleh penulis blogger maupun iklan di blogger pribadi sangat besar melebihi penghasilan profesi lainnya,” ujar mantan wartawan Singgalang Sumbar dan Tempo itu.

Budi mengaku lebih menyenangi menulis blog dibidang teknologi, komunikasi, panduan dan internet itu, menegaskan perkembangan blog di Indonesia masih tertinggal dibanding negara Eropa begitu juga dengan orang yang mengandalkan blog sebagai sumber pendapatan.

“Trennya makin banyak orang yang melirik blog sebagai sumber penghasilan. Untuk sampai pada tahap menjadikan blog sebagai sumber penghasilan perlu waktu, kemauan dan wawasan luas,” ujar Budi yang merasa nyaman bekerja didunia maya tersebut.

Ketua Komunitas Blogger Bekasi, Aris Heru Utomo, menyatakan, untuk di Kota Bekasi blogger lebih keperan dalam menyuarakan pikiran, pengalaman dan pengetahuan.

Kedepan sejalan dengan makin banyaknya komunitas blogger, bisa saja muncul orang yang menekuni blogger sebagai sebuah profesi, laiknya profesi lain yang dikenal luas dimasyarakat.

“Kita bentuk wadahnya dulu. Nantinya tentu akan muncul juga blogger profesional yang dilirik pemasang iklan dan mendapat honor dari tulisan-tulisannya,” ujar pegawai Deplu itu.

2 Komentar leave one →
  1. ilyasafsoh.com permalink
    27 November 2009 3:20 AM

    ilyasafsoh sudah menekuninya🙂

  2. 10 Desember 2010 4:23 AM

    numpang lewat ya boss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: