Skip to content

AVG Peringatkan Pengguna Facebook

25 November 2009

Anda pengguna facebook? berhati-hatilah jika ada gambar seorang wanita yang menantang. JANGAN DIKLIK!!! hal tersebut diungkapkan oleh perusahaan anti virus AVG, mereka memperingatkan adanya worm Facebook menggunakan karakter wanita yang menantang. Worm menyebar jika pengguna mengklik foto untuk menampilkan seorang wanita.

Karakter itu memikat pengguna agar mengklik URL yang kemudian akan memposting link pada dinding Facebook. AVG menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir beberapa pengguna Facebook menemukan sebuah foto wanita dengan mengenakan bikini itu.

Worm itu berupa iklan dengan gambar seorang wanita menggunakan bikini. “Mau lihat sesuatu yang ‘HOT!??” tanya cacing pada pengguna. “Klik tombolnya, Sayang!”

Ketika Anda mengklik iklan itu, maka cacing komputer itu akan memposting di dinding. Cacing bikini pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan independen Gadi Evron.

Menurut AVG, cacing itu menggunakan taktik yang disebut ‘pemalsuan permintaan antar situs’ untuk memulai sebuah rantai tindakan dan menguasai log in korbannya. Karena pengguna sudah login ke Facebook, maka cacing itu tidak perlu khawatir tentang otentikasi dan password.

Jika makin banyak pengguna mengklik iklan itu, maka tingkat pertumbuhannya meningkat tajam. Evron, yang pertama kali memberitahu Facebook masalah itu mengakui mengklik sendiri iklan itu untuk mencari tahu dampaknya.

Facebook kini telah memblokir URL yang berhubungan dengan situs itu dan seorang juru bicara perusahaan mengatakan kasus yang relatif baru berpengaruh pada sedikit user itu sedang dibersihkan.

Sejauh ini, tidak ada indikasi worm itu memiliki efek berbahaya, selain reposting foto itu ke profil pengguna lain. Meskipun jaringan sosial menjadi lingkungan yang relatif aman, namun belakangan ini ada beberapa pengecualian.

Jumlah user Facebook yang mencapai lebih dari 300 juta menjadi wahana untuk mengeksploitasi korban melalui click happy. Serangan itu tak hanya menerpa Facebook, tapi Twitter juga tidak lebih aman karena kejadian baru-baru ini membuktikan hal itu.

7 Komentar leave one →
  1. 25 November 2009 2:32 PM

    selamat malam semua, saya berkunjung untuk semua sahabat….

  2. 25 November 2009 4:45 PM

    Nice post sob, thank pengetahuannya sobat!!!!

  3. 25 November 2009 6:16 PM

    wih…thanks sob…bertambah lagi ilmu ku krn blog ini

  4. 25 November 2009 10:40 PM

    Thank you for sharing this news. Very helpful

  5. 26 November 2009 1:51 AM

    informasi menaik sobat…memang kita harus waspada akan dampak virus…

  6. 26 November 2009 6:40 AM

    yaa skrg jaringan sosial semacam facebook/twitter sudah tidak aman,dimanfaatkan para pengacau untuk menyebarin virus.be carefull🙂

  7. 27 November 2009 1:20 AM

    nice post, menambah wawasan saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: