Skip to content

Cyber Crime di Hari Natal

24 November 2009

Sebentar lagi natal, hari yang sangat ditunggu-tunggu umat kristiani diseluruh dunia. Hari yang diperingati seluruh umat kristen sebagai hari kelahiran sang Juru Selamat.

Namun, hari natal dimanfaatkan oleh sejumlah penjahat online atau istilah kerennya Cyber Crime. Perusahaan keamanan McAfee mengeluarkan peringatan “12 Penipuan Natal” menyoroti kejahatan yang meningkat selama liburan, mulai dari kartu ucapan elektronik yang berisi malware hingga amal palsu yang justru mencuri uang dan identitas korbannya.

Peneliti perusahaan keamanan McAfee, David Marcus mengatakan penting untuk ekstra hati-hati sepanjang tahun ini. “Orang jahat tahu, orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu online mereka dan lebih banyak berbelanja online jadi [penjahat] mengambil kesempatan untuk sedikit lebih sukses sepanjang tahun ini”.

Marcus menyebut ada 12 penipuan Natal diantaranya menyangkut Phising Amal. Marcus memperingatkan konsumen untuk waspada terhadap email yang tampak dari amal yang sah.

Tidak hanya mengambil uang dan membuat amal tidak sampai pada yang membutuhkan, tetapi penjahat juga mencuri informasi kartu kredit dan identitas.

Penipu juga mencari korban melalui permintaan teman di jejaring social. Orang jahat mengambil keuntungan dari zaman sosial pada tahun ini, dengan mengirimkan permintaan teman secara resmi melalui email.

Namun Marcus menyarankan agar tidak mengklik pada link tersebut, tapi masuk ke Facebook dan mencari teman di situs itu langsung. Mengklik link dapat menginstall malware pada komputer atau menipu korban agar mengungkapkan sandi.

Pejahat juga memikat korban dengan perhiasan mewah palsu. Jika mendapat tawaran hadiah mewah dari perusahaan seperti Cartier, Gucci, dan Tag Heuer dengan harga yang terlalu murah, maka kemungkinan itu tidak benar.

Link yang ada, akan membawa ke situs malware dan membawa lari uang, sementara barang yang dijanjikan tidak pernah datang. Beberapa situs tersebut, menurut McAfee, bahkan menampilkan logo dari Better Business Bureau.

Penipu juga menargetkan pencarian kerja. McAfee menyatakan agar waspada dengan tawaran pekerjaan dengan gaji tinggi. Marcus mengatakan beberapa “cara cepat kaya” bisa mengarah pada pencucian uang.

Selain itu penipuan juga marak melalui situs lelang. McAfee telah mengamati tren terjadinya peningkatan situs lelang palsu selama liburan.

One Comment leave one →
  1. 3 Desember 2009 9:40 AM

    So berhati-hatilah sobat😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: