Skip to content

Irak Kembali diCekal FIFA

21 November 2009

Irak untuk kali kedua mendapat pencekalan dari FIFA. Karena FIFA sangat tidak menyetujui jika pemerintah dalam suatu negara mencampuri urusan dalam federasi sepakbola di negara tersebut. Negara yang terbukti pemerintahannya ikut campur dalam urusan sepakbola akan mendapat hukuman dari FIFA selaku otoritas sepakbola tertinggi di seluruh dunia.

Hal ini tertuju pada Irak yang untuk kali kedua mendapat pencekalan dari FIFA menyangkut campur tangan pemerintahnya, kali ini dalam bentuk pembubaran dewan pengurus Asosiasi Sepakbola Irak (IFA) oleh Komite Olimpiade negara tersebut yang membuat FIFA mengambil tindakan tegas.

Sanksi tersebut dijatuhkan usai Irak gagal memenuhi tenggat waktu 72 jam yang diberikan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam situs resmi FIFA disebutkan bahwa Komite Darurat FIFA memutuskan untuk segera menangguhkan IFA hingga keputusan dari Komite Olimpiade Irak dicabut dan mengembalikan IFA ke posisinya,

Sesuai dengan Statuta FIFA, klub-klub serta tim yang mewakili Irak tidak diizinkan untuk mengambil bagian dalam pertandingan internasional baik itu partai persahabatan maupun kompetitif, IFA juga tidak memiliki hak untuk memilih pada setiap kongres badan-badan internasional dan juga tidak mendapatkan dana bantuan.

Namun demikian, Komite Darurat FIFA setuju untuk mengizinkan tim sepakbola wanita ambil bagian di kejuaraan sepakbola U-16 di Yordania, 22 hingga 28 November, yang diselenggarakan oleh asosiasi sepakbola Norwegia.

Pada Mei 2008 Irak sempat dicekal dari sepakbola internasional setelah pemerintah negara tersebut membubarkan Komite Olimpiadenya. Sanksi tersebut kemudian diangkat setelah Pemerintah Irak mengirim surat pada FIFA yang memastikan kalau IFA sama sekali tak terkait dengan pembubaran Komite Olimpiade tersebut.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: