Skip to content

CERN-Mesin Kiamat Siap Dihidupkan Kembali

21 November 2009

CERN… Tahukan sobat apa itu CERN? CERN adalah organisasi penelitian nuklir Eropa yang bermarkas di Jenewa yang didirikan pada tahun 1954. Fasilitas yang mereka miliki merupakan laboratorium penelitian partikel terbesar di dunia. Saat ini organisasi ini mempekerjakan hampir 8.000 ilmuwan jenius yang mewakili 580 universitas yang berasal dari 80 negara. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui kalau internet pertama kali ditemukan oleh CERN pada tahun 1989.

Sedangkan The Large Hadron Collider (LHC) merupakan sebuah mesin raksasa yang dibuat oleh para ilmuwan jenius di CERN yang dirancang untuk memecahkan partikel yang diharapkan dapat menjawab beberapa pertanyaan dalam fisika kuantum. Mesin yang berbentuk lingkaran ini memiliki panjang 27 km dan terletak di kedalaman 175 meter di bawah tanah perbatasan Perancis-Swiss.

Eksperimen ini juga dipercaya dapat menciptakan lubang hitam mini yang sering dianggap sebagai cikal bakal mesin waktu, walaupun dibantah oleh beberapa fisikawan ternama seperti Michio Kaku.

Pada awal November ini, LHC mengalami pemanasan yang berlebihan di beberapa bagian setelah sebuah potongan kecil Baguette (sejenis roti) mendarat di sebuah peralatan yang ada di permukaan tanah tepat di atas cincin akselerator.

Dr Mike Lamont, kordinator mesin LHC, mengatakan bahwa potongan kecil baguette itu yang dipercaya dijatuhkan oleh seekor burung yang lewat telah menyebabkan suhu magnet superkonduktor naik dari -271.1 C menjadi -265 C, yaitu titik dimana magnet itu berhenti berfungsi (53 dari 1.624 magnet superkonduktor besar rusak harus diganti).

Kali ini Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, yang dikenal sebagai CERN, siap untuk memulai menghidupkan kembali The Large Hadron Collider (LHC) namun mereka harus mengambil pendekatan hati-hati dengan peralatan super canggih ini. Harga mesin yang mencapai US$ 10 miliar, dari kontribusi banyak pemerintahan dan universitas di seluruh dunia.

Para ilmuwan diharapkan akan dapat mengirimkan sinar proton di sepanjang lorong 27 kilometer yang terdapat di LHC, namun mereka tidak menetapkan tanggal untuk itu.

Namun eksperimen CERN ini ternyata tidak mendapat kata sepakat di kalangan ilmuwan. Menurut sebagian ilmuwan, jika lubang hitam mini tercipta, dan terjadi sesuatu yang diluar perhitungan, bisa saja lubang hitam tersebut menjadi membesar tanpa terkendali dan menelan apa saja yang berada di dekatnya. Dengan kata lain, Kiamat !

Seperti yang kita ketahui, lubang hitam memiliki gaya gravitasi super kuat sehingga bahkan cahayapun ditelan olehnya. Karena itu di sejumlah negara di Amerika dan Eropa, beberapa ilmuwan telah mengajukan gugatan hukum agar CERN menghentikan usahanya untuk memecahkan partikel.

So…Apakah isu kiamat pada 2012 bukan disebabkan oleh keadaan alam tapi disebabkan oleh manusia sendiri? Hanya waktu yang dapat menjawabnya.

Tulisan dan gambar sebagian besar diambil dari sahabat blog Info Liga Italy dan ISL, Silahkan baca detailnya disini X-File-Enigma

11 Komentar leave one →
  1. the riza de kasela permalink
    21 November 2009 3:11 PM

    CERN menemukan World Wide Web bukan internet
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

    • 22 November 2009 9:49 PM

      mungkin sobat bisa membantu saya dengan menjelaskan perbedaan world wide web (WWW) dan Internet (Maklum masih newbie)..thx 4 the comment

  2. 22 November 2009 4:24 PM

    Wahhh ga mungkin deh kayanya.. Lagian kalo kiamat itu semua negara harus saling berperang dulu.. Jadi Kiamat bukan karena alam, meteor atau yang lainnya kaya di film2 Hollywood.. Tapi harus saling bantai dulu..

    nb: Linknya sudah ditambahkan di blog sya.. Lihat di Kumpulan link pada bagian atas.. Thanks

    • 22 November 2009 9:53 PM

      hehehehehe….hanya waktu yang dapat menjawabnya…(bisa saja gara-gara alat itu, negara-negara berperang….(who knows…)

  3. 23 November 2009 11:21 AM

    masih selalu tentang kiamat,,
    tenang bro,negara israel masih berdiri,
    kiamat akan terjadi kalo israel sudah dibantai habis,karena itu misi manusia yg diamanatkan oleh Tuhan.
    jadi kalo misi sudah selesai mau apalagi? ya kiamat…

    waduh,,sara gak yah ini??hehehe..tapi itu yg saya tau,,sekedar bagi info sajah…

    oya link sudah saya pasang bro..,,

  4. moncrot permalink
    13 Desember 2009 2:41 PM

    @ganool
    gw juga punya keyakinan yang sama. bahkan global warming ini juga atas perbuatan israel. ya ini cuma hipotesa induksi dan deduksi.

  5. 10 Maret 2010 3:37 PM

    menguak misteri big bang? hmmm

  6. jablay lanang permalink
    16 September 2010 2:55 PM

    wah kalo pake beli peyem bandung banyak banget

  7. 15 Desember 2011 7:03 AM

    Kalo dipikir secara logis memang akal pikiran manusia terbatas, dan hal tersebut di atas amat sangat mustahil di wujudkan. namun saya percaya kemungkinan tersebut bisa terjadi..
    Bayangkan kita di tahun 50 an yang belum mengenal apa itu komputer dan internet, pada saat itu komputer adalah hal yang mustahil diciptakan… namun kenyataannya saat ini kita komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari2..

  8. 1 Juni 2013 1:46 PM

    coba cari cerita john titor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: